Selamat datang di website Official Prof. H. Andi Bakti Faisal MA, Ph.D untuk melihat Curriculum Vitae silahkan KLIK DISINI
Silahkan klik disini untuk melihat karya buku Prof. H. Andi Faisal Bakti MA, Ph.D
Posted by : Unknown Tuesday, January 19, 2016





Ia merupakan bagian dari segelintir dosen UIN Jakarta yang kaya dengan pengalaman akademis di tingkat internasional. Kariernya sebagai dosen telah melintas batas benua. Ia pernah mengajar di berbagai universitas terkemuka di tiga benua: Amerika, Eropa, dan Asia. Selain itu, ia juga dipercayai menjadi fellow di berbagai lembaga bergengsi di tingkat dunia. Tulisannya kerap menghiasi berbagai jurnal dan penerbitan internasional. Tak berlebihan jika pada 2007 lalu Kementerian Agama RI menobatkannya sebagai penulis terbaik internasional. Itulah barangkali harga yang terbayarkan dari seorang yang menjalani profesi dosen sebagai panggilan jiwanya.

Prof Dr Andi Faisal Bakti, begitu nama lengkap pria kelahiran Wajo, Sulawesi Selatan, 15 November 1962 itu. Di kalangan mahasiswa UIN Jakarta, pria murah senyum itu dikenal sebagai dosen komunikasi yang humoris, cerdas, dan energetik dalam mengajar. Tak heran, jika kehadirannya di ruang kuliah selalu ditunggu mahasiswa-mahasiswanya.

Guru Besar Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidikom) ini, memang dekat dengan mahasiswa. Sebab, selain mengampu beberapa mata kuliah, diantaranya Komunikasi Antaragama dan Budaya, Sistem Komunikasi Internasional, dan Metodologi Penelitian Komunikasi, ia juga senang memotivasi mahasiswa.

Prof. Andi tak hanya mengajar di UIN Jakarta, ia juga aktif mengajar di berbagai kampus, baik negeri maupun swasta. Sebut saja, Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, dan beberapa kampus lain yang hingga kini menjadi tempat Andi berbagi ilmu kepada para mahasiswa, baik di jenjang S1, S2 maupun S3.

Profesi dosen bagi Andi merupakan panggilan hatinya untuk mentransfer ilmu yang telah didapatkannya bertahun-tahun. Andi mulai menjadi PNS sejak 1988. “Saya sudah menjadi PNS selama 22 tahun, dan sudah mendapatkan penghargaan dari Presiden RI sebanyak dua kali: Pertama ketika 10 tahun mengabdi, yang ke dua ketika sudah mengabdi selama 20 tahun,” kata Andi saat diwawancarai DINAMIKA di kantor UIN Online, Rabu 14 April 2010.

Direktur International Office (IO) UIN Jakarta itu mengaku tidak mengharapkan materi dari aktivitasnya sebagai pengajar. Mengajar baginya lebih sebagai pengabdian. Menurutnya, dunia pendidikan bukan tempat untuk mencari uang. Tempat mencari uang adalah dunia bisnis. Ya, selain sebagai dosen, Andi memang seorang pengusaha. Dia memiliki sedikitnya 15 cabang koperasi simpan pinjam di beberapa daerah di Indonesia. Di daerah Ciputat sendiri, dia mendirikan Baitul Maal wa Tamwil (BMT). Selain itu, ia juga mendirikan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Center for Cross Cultural Communication and Human Relations  in Actions (C3 HURIA).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Assalamua'alaikum

Prof. H. Andi Faisal Bakti, MA., Ph. D. begitu nama lengkap pria kelahiran Wajo, Sulawesi Selatan, 15 November 1962 itu. Di kalangan mahasiswa UIN Jakarta, pria murah senyum itu dikenal sebagai dosen komunikasi yang humoris, cerdas, dan energetik dalam mengajar. Tak heran, jika kehadirannya di ruang kuliah selalu ditunggu mahasiswa-mahasiswanya.

Informasi Update

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Copyright © Prof. H. Andi Faisal Bakti MA, Ph.D